Narkoba adalah zat adiktif yang berasal dari sintetis,tidak sintetis,dan tumbuhan. Jenis narkoba bermacam macam seperti

shabu-shabu, morfin, ganja,dll. Narkoba dapat didapat dari bandar narkoba, diberi oleh teman, diberi oleh tetangga, membeli pada teman, dan masih banyak lagi. Narkoba

juga dapat digunakan dengan bermacam macam cara misalnya lewat suntikan, dihisap, ditelan. Bentuk narkoba juga bermacam-macam seperti pil, cairan tumbuhan dan lain-lain.

Ciri ciri orang yang memakai narkoba adalah suka menyendiri. Mata dan hidung selalu berair disebabkan oleh zat yang terdapat di dalam narkoba. Pemakai akan selalu merasa bahagia karena disebabkan oleh zat dalam narkoba. Prestasi anjlok di sekolah dan menjadi bodoh karena kehilangan konsentrasi. Ini juga dapat menyebabkan pola tidur berubah menjadi tidur di pagi hari. Pemakai juga harus selalu mempunyai banyak stok narkoba untuk cadangan. Pemakai akan melakukan apa saja untuk mendapatkan uang yang akan digunakan untuk membeli Narkoba. yang dilakukannya adalah menjual seluruh harta benda miliknya sendiri, milik tetangganya, dan keluarganya. jika harta benda sudah tidak ada lagi maka dia akan suka mencuri dan menjual barang yang di curinya itu. Dan uangnya akan digunakan utnuk membeli narkoba.

Seseorang menggunakan narkoba karena ingin diterima oleh suatu kelompok permainan. Biasanya kelompok itu akan mengharuskan seseorang yang ingin masuk ke dalam kelompok itu untuk memakai narkoba. Aturan itu biasanya disertai dengan ancaman.ancaman itu sangat berbahaya. Seseorang akan lebih memilih untuk memakai narkoba dari pada hidupnya terancam. ada juga sebab lain misalnya agar dianggap keren. Untuk menghilangkan stress, ingin mencoba-coba, sedang masa pencarian jati diri,dan lain-lain. Bisa juga karena di ancam oleh teman. ancaman itu sangat berbahaya. Seseorang akan lebih memilih memakai narkoba dari pada hidupnya terancam. ancaman itu bisa bermacam-macam. Narkoba mengandung zat yang dapat menenangkan perasaan yang sedang stress, sedih, bingung, dan lain lain. Dalam masa pencarian jati diri seseorang akan merasa bingung. Untuk menyelesaikan perasaan bingung terhadap suatu masalah yang tak punya jalan keluar maka dia akan memilih memakai narkoba. Ada juga beberapa orang yang berpikir bahwa memakai narkoba itu keren dan dapat mempunyai banyak teman.

Dampak negatif dari narkoba adalah organ tubuh rusak misalnya cuping hidung yang menipis dan transparan. Otot tubuh menjadi keras. Detak jantung melemah

Penggunaan narkoba dapat dicegah dengan cara memilih-milih teman. Jika kita berteman dengan orang jahat maka kita bisa terpengaruh dengan pengaruh yang jahat. Pemerintah juga bisa mengadakan penyuluhan tentang bahaya narkoba. Masyarakat juga dapat saling memberitahu tentang bahaya narkoba.

Kesimpulannya adalah jangan mencoba-coba narkoba. Karena dampak negatif yang disebabkan oleh narkoba sangat berbahaya.

Sebaiknya kita menghindari pemakaian narkoba karena dapat merusak masa depan generasi muda.

SAY NO TO DRUGS!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

dok.pribadi